
Hasil penelitian ini berupa skor kemampuan guru merencanakan pembelajaran pada siklus I adalah 3,42.

Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes tertulis. Teknik pengumpul data adalah teknik observasi langsung dan teknik pengukuran. Data yang dikumpulkan berupa data skor kemampuan guru merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan nilai hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SDN 4 Sungai Pinyuh.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, menggunakan metode penelitian deskriptif, yang bersifat kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tujuan Penelitian ini untuk memperbaiki kekurangan pada guru dan nilai hasil belajar siswa dengan menggunakan kantong bilangan pada pembelajaran Matematika tentang pengurangan dengan teknik meminjam.

Dan salah satu cara mengaktifkan peserta didik untuk ikut serta dalam pembelajaran adalah penggunaan media kantong bilangan. Abstrak: Berdasarkan pengalaman peneliti selama mengajar bahwa pembelajaran bisa dikatakan berhasil dan bermakna bagi peserta didik jika rancangan dan pelaksanaan pembelajaran menyertakan peserta didik sebagai subjek pembelajaran.
